Filed Under:  Kab. Bogor

106 Sekolah SMP dan MTs Kabupaten Bogor, Menerima Sertifikat Akreditasi

21st December 2011   ·   0 Comments

Cibinong (KabarPublik) - Akreditasi sekolah dan madrasah adalah kegiatan penilaian (asesment) sekolah-madrasah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah – madrasah yang bersangkutan. Dan hal tersebut sangat dibutuhkan untuk dapat meningkatkan kualitas keberlangsungan kegiatan belajar mengajar (KBM).

Hal itu disampaikan Ketua Unit Pelaksana Akreditasi Sekolah, Sukatma, saat menyerahkan 106 sertifikat akreditasi sekolah/Madrasah tingkat SMP – Tsanawiyah kepada sekolah penerima sertifikat hasil akreditasi sekolah tahu pelajaran 2010-2011, Rabu (21/12/2011), di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor.

Menurut Sukatma Akreditasi sekolah itu bertujuan untuk menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah. “Dengan akreditasi ini, mereka dapat menganalisis nilai yg diberikan badan akreditasi dan tidak ada lagi sekolah yang melaksanakan kegiatannya kurang baik, karena selalu dilakukan penilaian secara berkala,” ujarnya.

Kepada Kabarpublik, usai mengikuti acara Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri Tajurhalang, Ade, mengatakan, ” Alhamdulillah Sekolah kami mendapat poin 75 dengan akreditasi B, inilah hasil perjuangan dan pengorbanan yang cukup serius kami lakukan. Siang dan malam kami mempersiapkan berbagai hal agar dapat akreditasi ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Asep Achadiat Sudrajatsiswa, berharap dengan telah diterimanya Sertifikat akreditasi sekolah ini, imbasnya adalah para siswa akan mendapat pembelajaran dan pelayanan lebih baik lagi. “Hasil akreditasi merupakan penilaian objektif. Dengan penilaian itu akan diketahui posisi sekolah dalam pengelolaan manajemen dan kurikulumnya,” pungkas Asep, di ruang kerjanya.

Adapun dasar hukum akreditasi sekolah-madrasah ini adalah, Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Pasal 60, Peraturana Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 & 87 dan Surat Keputusan Mendiknas No. 87/U/2002. (H Asep)

 

Readers Comments (0)


Comments are closed.

Click here to add Widgets