Filed Under:  Kab. Bogor

Terkait PAD, Pemkab Bogor Diminta Bentuk BUMD Pariwisata

10th February 2012   ·   0 Comments

Cibinong (KabarPublik) – Potensi sektor pariwisata di wilayah Kabupaten Bogor yang sangat luar biasa, patut menjadi unggulan dalam menyumbang Pendapatan Asli Daerah.

Hal ini, menjadi pemicu kalangan wakil rakyat yang meminta Pemkab Bogor agar segera membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pariwisata.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bogor Erwin Najmudin mengatakan, selama ini dilihatnya, pengelolaan sektor pariwisata kurang maksimal, sehingga penerimaan pajak dari pengelolaan usaha pariwisata ini masih di bawah rata-rata.

“Potensi wisata di Bumi Tegar Beriman sangat besar. Jika dikelola dengan baik, pasti akan menjadi pemasukan yang cukup signifikan bagi PAD. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Pemkab mulai berfikir untuk segera membentuk BUMD Pariwisata,” katanya kepada KabarPublik, Jum’at (10/02).

Menurutnya, pembentukan BUMD pariwisata merupakan langkah strategis dan realistis untuk dilaksanakan di tahun ini. Terlebih, dengan adanya BUMD, pemerintah daerah akan lebih sistematis dalam merekonsiliasi potensi-potensi yang belum tergali menjadi sumber pendapatan daerah.

“Idealnya Dinas Pariwisata Kabupaten Bogor bertindak cepat dan progresif untuk merumuskan konsepsi BUMD tersebut. Rumusan harus melalui kajian ideal dan mengarah pada penataan potensi wisata di Kabupaten Bogor. Mengingat, pada 2012 merupakan tahun konsolidasi potensi-potensi PAD. Tujuannya, agar rasio presentasi PAD meningkat menjadi 50 persen dalam struktur komposisi APBD yang ada,” terangnya.(WB)

Readers Comments (0)


Comments are closed.

Click here to add Widgets