Filed Under:  Kab. Bogor

DPRD Sungai Penuh Pelajari Pemerintahan Desa Di Kabupaten Bogor

10th April 2012   ·   0 Comments

Cibinong (KabarPulik) – Guna meningkatkan kerjasama daerah dalam berbagai bidang serta untuk meningkatkan kinerja, pemerintahan desa dan pembangunan daerahnya DPRD Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi menggelar studi banding di Kabupaten Bogor.

Rombongan yang dipimpin Satmarlendan DPT ini diterima langsung oleh Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, Rahmat Sujana bertempat di Ruang Rapat I Setda Kabupaten Bogor, Selasa (10/4).

Dalam sambutannya, Rahmat Sujana berharap, studi banding ini bisa menjadi sarana silaturahmi yang memberi harapan adanya pertukaran pengalaman serta peningkatan kerjasama kedua daerah dalam berbagai bidang untuk meningkatkan kinerja pemerintahan dan pembangunan daerah baik di Kota Sungai Penuh maupun di Kabupaten Bogor.

“Peningkatan kerjasama daearah dapat dikembangkan melalui otonomi daerah dalam meningkatkan kekuatan, kemampuan dan kemandirian daerah dengan memberikan penekanan khusus pada aspek pelayanan dan pemberdayaan masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk mengembangkan kemandirian, keswadayaan dan keswasembadaan masyarakat dapat didukung oleh penguatan kelembagaan dan kapasitas seluruh elemen masyarakat di desa ataupun kelurahan sehingga mampu menjalankan peran secara optimal.

“Perangkat desa ataupun kelurahan dapat meningkatkan prakarsa, peran, dan kemandirianya dalam mengelola aspek pembangunan yang menjadi kewenangan dan tanggung jawab dalam pemberdayaan alokasi dana desa, pemanfaatan sumber daya alam lokal, Badan Usaha Milik Desa,” paparnya.

Sementara itu, pimpinan rombongan DPRD Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi, Satmarlendan DPT mengatakan, DPRD sebagai panitia khusus (Pansus) I ini berencana membahas empat rancangan Peraturan Daerah tentang desa yang akan menjadi implementasi kebijakan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Studi banding ini dalam rangka menambah bahan referensi empat Peraturan Daerah yakni penggabungan status desa menjadi kelurahan, penghapusan desa menjadi kelurahan, kerjasama desa dan prosuk hukum desa,” ungkapnya.

Dia berharap melalui studi banding ini, DPRD Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi dapat menambah ilmu pengetahuan dalam membahas secara rinci empat  rancangan Peraturan Daerah sebagai hasil kinerja yang optimal. “Semoga studi banding ini, dapat menambah ilmu pengetahuan kami dalam membahas empat Raperda tersebut,“ imbuhnya.

Acara ini ditutup dengan pertukaran cenderamata dari masing-masing daerah. | wb

Readers Comments (0)


Comments are closed.

Click here to add Widgets