Filed Under:  Kab. Bogor

BPBD Kabupaten Bogor Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Longsor

11th June 2012   ·   0 Comments

Cibinong (KabarPublik) – Guna meningkatkan respon time dan meminimalisir korban saat terjadi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menggelar simulasi penanggulangan bencana tanah longsor. Dalam simulasi kali ini BPBD menerjunkan 200 personel gabungan dari PMI dan Tagana dengan memilih lokasi di sekitar setu Cikaret, Senin.  (11/6).

Selain mensimulasikan evakuasi musibah longsor, BPBD juga berkoordinasi dengan Dharma Wanita Kabupaten Bogor untuk mensimulasikan penggunaan dapur lapangan.

Komandan Lapangan Simimulasi, Budi Aksomo mengatakan, simulasi kali ini menggunakan dua sampel yakni penanggulangan tanah longsor dan penggunaan dapur lapangan.

“Simulasi kali ini ditekankan pada respon time, serta meminimalisir korban. Untuk skenarionya, 200 personel yang terlibat kita bagi tiga dan dilombakan menangani kasus yang sama yakni tanah longsor,” katanya.

Menurutnya tiga tim tersebut sudah nampak menguasai, mulai dari tahapan-tahapan yang sudah dilaksanakan dengan baik hingga kebutuhan dasar pengungsi serta yang lainnya.

“Dalam simulasi longsor kami buat skenario 12 korban, masing-masing tim menangani empat korban. Dan di setiap tim ada satu korban tewas, dua luka berat dan satu luka ringan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Ma’mur, menjelaskan pelaksanaan simulasi ini adalah bentuk kegiatan dari sosialisasi-sosialisasi yang sudah di lakukan sebelumnya di beberapa daerah, terutama daerah rawan longsor.

“Dari simulasi ini kami berharap bisa ke tahap berikutnya yang lebih tinggi yakni geladi. Tentunya ini kita lakukan agar meningkatkan kesiapan seluruh anggota kita’, tutupnya | wd

Readers Comments (0)


Comments are closed.

Click here to add Widgets