Filed Under:  Jabar-Banten

Kejurda Catur Yunior, Kabupaten Bogor Juara Umum

4th June 2012   ·   0 Comments

Karawang (KabarPublik) – Kabupaten Bogor menjadi juara umum pada turnamen Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur Nasional Tingkat Jawa Barat Tahun 2012 yang diselenggarakan di Kabupaten Karawang dengan maraih medali; 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

 Turnamen ini dimulai 30 Mei hingga dengan 3 Juni. Kabupaten Bogor yang berhasil menyabet juara umum diumumkan dan memperoleh sejumlah hadiah, di Aula Husni Hamid Pemkab Karawang, Minggu (3/6).

Endar Sakti Lubis, pelatih catur dari Kabupaten Bogor mengatakan, dirinya merasa bangga atas prestasi yang diraih atlet-atlet catur di bawah pembinaanya pada kejurda kali ini. “Percasi Kabupaten Bogor pada kejurda kali ini mengirimkan atlet catur yunior sebanyak 18 peserta terdiri dari atlet catur putera 11 orang dan atlet catur putrid 7 orang,” katanya.

Ia menjelaskan, atlet catur yang dikirimkan pada kejurda catur yunior ini di antaranya ada sejumlah atlet yang sudah pernah meraih juara Asia Tenggara dan juara nasional.yaitu atlet catur juara nasional kakak-adik, Sumardi dan Arief Abdul Hafiz. “Kedua anak didik kami ini  manti pada tanggal 10 Juni insya Allah akan ikutsertakan pada turnamen  catur yunior yang akan digelar di Vietnam.

Tuan Rumah Berharap Altet Catur Karawang Terpacu Berlatih

Sementara itu, Ketua Umum Percasi Kabupaten Karawang Bambang Maryono mengatakan, dengan adanya turnamen kejurda di Kabupaten Karawang ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat kepada para atlet catur yunior untuk giat lagi berlatih, agar ke depan atlet-atlet catur di Karawang ini lebih berprestasi lagi diberbagai turnamen catur.

Diakui Bambang, demi meningkatkan prestasi catur, pihak Percasi Karawang  sudah membicarakanya dengan serius dalam mencari bibit bibit unggul. “Kami juga sudah melakukan berbagai upaya peningkatan prestasi pecatur Karawang, di antaranya dilaksanakanya MoU antara Percasi dengan Dinas Pendidikan,Pemuda dan Olah Raga dalam waktu dekat,” katanya.

Sisi lain ia pun mengharapkan olah raga catur ini menjadi kegiatan extra kurikuler di lingkungan sekolah, terutama tingkat SD dan SLTP. “Saya berharap kepada pihak Pemerintah Kabupaten Karawang dapat memberikan support bidang olah raga catur ini agar atlet catur di Kabupaten Karawang berprestasi, baik pada tingkat kejurda, kejurnas, dan Internasional,”paparnya.

Hal senada juga dikatakan Panitia Kejurda Catur Yunior dan Pengurus Percasi Kabupaten Karawang Dudung Gunawan. Ia bilang, pada kejurda catur yunior tingkat Jawa Barat ini sangat kompetitif karena masing-masing kabupaten/kota ternyata memiliki pecatur andalan yang berprestasi di tingkat nasional dan Internasional.

Padahal, kata dia, Percasi Karawang juga memiliki pecatur andalan dan pernah mengikuti turnamen catur di negara Rusia. “Kendati pun atlet yunior Karawang pada kejurda kali ini hanya mengantongi 2 medali perunggu, tapi kita bangga dan akan terus berupaya untuk meningkatkan prestasi olah raga catur ini,” tuturnya.

Dudung juga mengungkap, menjadi tuan rumah ini sebagai pemacu bagi Percasi Karawang. “Karena kita masih punya pekerjaan rumah untuk lebih berprestasi lagi ke depan+ termasuk dalam meningkatkan daya menjaring calon-calon atlet catur di Karawang,” sebut dia.

Sementara itu, pada kejurda catur yunior tingkat Jabar ini untuk para juara mendapat piala, medali, dan uang pembinaan. Pada kejurda catur kali ini diikuti oleh 26 Pengcab Kabupaten dan Kota se-Jawa Barat, dengan jumlah peserta sebanyak 239 orang.

Kejurda Catur Yunior se-Jabar 2012 ini diselenggarakan dengan membagi 7 kelompok usia, baik putra dan putrid. Adapun yang dipertandingkan adalah : Catur Standard, Catur Cepat dan Catur Exekutif. | hmd/agk

Readers Comments (0)


Comments are closed.

Click here to add Widgets