Filed Under:  Jabar-Banten

Kemarau Panjang, Petani Mangga Indramayu Untung

9th September 2012   ·   0 Comments

Indramayu | KabarPublik.com - Kemarau berkepanjangan ternyata cukup menguntungkan sejumlah petani mangga di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, karena produksi meningkat.

Rastim pemilik kebun mangga di Indramayu kepada wartawan, Jumat (7/9), mengatakan,musim kemarau berkepanjangan sangat menguntungkan petani mangga karena produksi mangga meningkat. Diperkirakan harga akan stabil terutama pasar ekspor.

Ia menjelaskan, saat ini giliran petani mangga yang akan mendapatkan keuntungan karena pohon mangga berbuah dengan maksimal. Namun sebaliknya produksi padi menurun akibat kekeringan dan gagal panen.

“Perawatan pohon mangga sederhana dan hemat biaya, karena hanya modal awal untuk penyediaan bibit. Sekitar usia delapan tahun mulai bisa menghasilkan,”katanya.

Hasim, pemilik kebun mangga lain, mengaku, pohon mangga cocok dan potensial dikembangkan di daerah pantura Indramayu. Apalagi kini permintaan ekspor semakin tinggi, sehingga harga bertahan meski panen melimpah.

Kepala Seksi Kelembagaan Pengembangan Tani Dinas Pertanian dan Peternakan Indramayu, Anang, menuturkan, kemarau berkepanjangan menguntungkan petani pemilik kebun mangga karena produksi mereka meningkat. Namun sebaliknya petani padi gagal panen akibat kekeringan. | kompas.com-ak

Readers Comments (0)


Comments are closed.

Click here to add Widgets