Filed Under:  Kab. Bogor

BKPP Gelar Sosialisasi PP Nomor 46 Tahun 2011

16th October 2012   ·   0 Comments

Cibinong | KabarPublik.com – Sebagai pengganti PP 10 Tahun 1979,  Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bogor akhirnya mensosialisasikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2011 yang berisi tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) . Sosialisasi berlangsung di Ruang Serbaguna II Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Selasa (16/10).

“PP 46 Tahun 2011 ini merubah PP No. 10 Tahun 1979 Tentang Penilaian Pelaksanaan Kinerja PNS yang sudah tidak sesuai sehingga PP 46 Tahun 2011 diperlukan untuk pembinaan PNS yang mengatur prestasi kerja PNS berdasarkan sistem prestasi kerja dan sistem karier yang akan diberlakukan mulai 1 Januari 2014 mendatang,” kata Kepala BKPP Kabupaten Bogor, Aty Guniarwaty.

Menurut Aty, sosialisasi ini dalam rangka menyampaikan informasi pada Kepala SKPD juga pengelola kepegawaian tentang PP 46 Tahun 2011 sehingga terdapat pemahaman yang sama dalam penerapannya sesuai unit kerja masing-masing.

“Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 15-16 Oktober 2012 dengan mengundang 78 peserta yakni Kepala SKPD dan Camat, sedangkan hari kedua kita mengundang 78 peserta yakni Kepala Sub.Bag.Kepegawaian, Aparatur Tata Usaha (TU) SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Nurhayanti dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi ini adalah bentuk reformasi birokrasi yang dibangun pemerintah untuk memberikan pelayanan prima yang diterima masyarakat. Prestasi kerja PNS dinilai berdasarkan sasaran kerja pegawai (SKP) dan perilaku kerja yang memuat tugas jabatan dan target yang harus dicapai dalam kurun waktu penilaian yang bersifat nyata dan terukur dan ditetapkan tiap tahun pada bulan Januari oleh pejabat penilai.

“Seiring meningkatnya perkembangan zaman, kritisnya masyarakat yang menginginkan PNS berikan pelayanan lebih baik dan maksimal ke depan, maka Pemkab Bogor berupaya meningkatkan kinerja pegawai guna tingkatkan pelayanan yang baik sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, perilaku kerja berorientasi pada pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerja sama dan kepemimpinan, saya harap peserta sosialisasi memiliki pemahaman yang sama dan semoga ditindaklanjuti dengan workshop agar rumusan prestasi kinerja PNS mudah terserap,” paparnya.

Purwanto pembicara yang dihadirkan dari Direktorat Rekrutmen dan Kinerja Pegawai, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan, penilaian prestasi kerja PNS bertujuan menjamin objetivitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja dan sistem karier yang dititikberatkan pada sistem prestasi kerja.

“Penilaian prestasi kerja PNS ke depan sudah tidak menggunakan DP3 lagi, PNS ke depan harus bisa susun Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan Perilaku Kerja diberikan nilai paling tinggi 100 serta kita atur sesuai prinsip Obyektifitas, Terukur, Akuntabel, Partisipatif dan Transparan”, tegasnya. | wd

Readers Comments (0)


Comments are closed.

Click here to add Widgets