Filed Under:  Nasional

Bupati Simalungun: Aparatur Dituntut Mau dan Mampu Tunjukkan Sikap Terpuji

28th November 2012   ·   0 Comments

Simalungun | KabarPublik.com – Untuk mewujudkan pembinaan pegawai dan peningkatan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara, agar dapat melaksanakan tugas sesuai dengan pengembangan manajemen, organisasi dan lingkungan kerja yang tepat.  Baik itu secara kualitas, kuantitas, dan untuk memahami ketentuan perundang-undangan.

Untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menyelenggarakan kegiatan pembinaan dan peningkatan kualitas SDM aparatur pemerintah daerah di jajarannya. Kegiatan dipusatkan di Griya Hapoltakan Simalungun City Hotel Pamatang Raya.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM, yang ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolik kepada 2 orang perwakilan dari peserta, Selasa, (26/11).

Ketua penyelenggara kegiatan tersebut Ir Antonius Damanik MM dalam laporannya mengatakan bahwa, kegiatan pembinaan dan peningkatan kualitas SDM aparatur pemerintah daerah berlangsung selama 14 hari kerja yang dimulai 27 Nopember s/d 12 Desember 2012 dan diikuti sebanyak 310 orang pejabat struktural dan pegawai di jajaran Pemkab Simalungun.

Menurut Antonius, kegiatan ini antara lain bertujuan membina karakter/watak, etika dan memelihara rasa persatuan dan kesatuan secara kekeluargaan guna mewujudkan kerjasama, semangat dan sadar akan tanggungjawabnya sebagai unsur aparatur negara dan abdi negara

Selanjutnya, Antonius yang juga sebagai Kepala Badan Kepegawai Daerah (BKD) Kabupaten Simalungun menjelaskan bahwa selama berlangsung kegiatan ini semua peserta disajikan berbabagai materi kegiatan antara lain, terori kepemimpinan, mekanisme penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP), penyusunan LPPD (Laporan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah), pencegahan tindak pidana korupsi, sinergitas hubungan keuangan pusat dan daerah, sosialisasi Dana dan Bansos.

Materi juga meliputi hubungan kenerja antara eksekutif dan legislatif, strategi dan solusi penyelesaian permasalahan biaya perolehan hak atas tanah bangunan, pengelolaan keuangan daerah, asistensi penyusunan rencana kerja dan rencana strategis SKPD, pola kununikasi pemerintah dalam mengembangkan investasi daerah.

Juga, dilengkapi materi peningkatan kompetensi aparatur pemerintah dalam mewujudkan good governnce, Mekanisme dan prosedur penyusunan KUA PPAS dan RAPBD, perencanaan kepegawaian berbasis kinerja, akselerasi pembangunan daerah, pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan mengikuti Diklat kepemimpinan di Rin Dam I BB.

Semua materi kegiatan disajikan antara lain oleh nara sumber dari Dekan UNHAS, Kemenpan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Kemenkeu, DR Mario Teguh MSi, Staf Ahli DPR RI, Kemendagri, Setneg RI, Dit Wiltas Ditjen PUM, Bappenas, Mahkamah Agung Tipikor RI, dan dari Akademisi IPDN.

Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM dalam bimbingan dan arahannya mengatakan bahwa, lahirnya UU No. 43 tahun 1999 pengganti UU No.8 Tahun 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian, membawa perubahan mendasar guna mewujudkan SDM aparatur yang profesional melalui peambinaan karier PNS yang dilaksanakan atas dasar perpaduan antara sistem prestasi kerja dan karier yang dititik beratkan pada sistem prestasi kerja yang pada hakekatnya dalam rangka peningkatan pelayanan publik.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan kepada peserta mampu mengembangkan wawasan, keterampilan dan kemampun berpikir analisis dan logis serta sikap mental yang amanah, agar lebih siap melaksanakan pelayanan prima dalam bidang pemerintahan dan pembangunan yang lebih mengedepankan kepentingan masyarakat umum.

“Sebagai seorang aparatur, saudara dituntut agar mau dan mampu menunjukkan sikap yang terpuji di lingkungan kerja maupu di tengah-tengah masyarakat di mana saundara berada,” tandas Bupati JR Saragih.

Pada akhir bimbingan dan arahannya, bupati berharap kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. “Ikuti setiap program pembelajaran dan patuhilah segala ketentuan-ketentuan yang ditetapkan, di mana pada masa sekarang kesempatan berkarier akan lebih selektif dan kompetitif,” pungkasnya. | Sab Muhardi

Readers Comments (0)


Comments are closed.

Click here to add Widgets