Filed Under:  Kab. Bogor

LSM Lingkungan Garap Desa Wisata Ciasihan ‘Waskita Hayat’

2nd February 2013   ·   0 Comments

Pamijahan (KabarPublik) – Desa Ciasihan yang terletak di wilayah Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor saat ini giat berbenah menyambut program penataan Desa Wisata Ciasihan Waskita Hayat. Program desa wisata ini sejak lama telah digagas oleh beragam aktivis dan pemerhati lingkungan serta pariwisata.

Dimulai dari aparatur desa, kecamatan, muspika setempat, organisasi sosial kemasyarakatan, baik LSM, ORMAS, dan aktifis lingkungan hidup. Namun, setiap program ini digulirkan dan diperjuangkan senantiasa terbentur dengan birokrasi yang ada, terutama izin-izin yang berkenaan dengan pariwisata tersebut sulit didapat, serta dukungan dari masyarakat yang dirasa kurang berpihak.

Tidak sedikit pemerhati pariwisata dan lingkungan hidup begitu antusias dan semangat dalam memperjuangkan program desa wisata Ciasihan ini agar masuk ploting program Pemkab. Bogor. Namun kebanyakan perjuangan mereka kandas ditengah jalan, sebelum perizinan dan semua hajat mengenai desa wisata Ciasihan ini didapat.

Lain halnya dengan E. Kosasih (52), salah seorang putra daerah kelahiran asli desa Ciasihan. Melalui lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang dikomandaninya yaitu LSM Kelompok Peduli Lingkungan Waskita Hayat yang kemudian dijadikan brand desa wisata ini. Dia terus berjibaku bersama rekan-rekan seperjuangannya, untuk mewujudkan desa wisata Ciasihan ini sehingga benar-benar terwujud. Ketika rekan seperjuangannya pun pada akhirnya kepayahan dan secara seleksi alam satu demi satu tersingkir dengan sendirinya, Engkos tetap tegar terus berjuang tanpa kenal lelah.

Kosasih, terus menghimpun dukungan, dari masyarakat, dari tokoh Agama dan tokoh masyarakat, pengurus setempat, RT, RW, Desa, Muspika Kecamatan, Polsek, Polres, Koramil, hingga muaranya yaitu Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor dia tembus.

Penguatan-penguatan untuk terwujudnya Desa Wisata Ciasihan Waskita Hayat ini terus dikawal oleh Kosasih, dia mulai intens mengikuti rapat-rapat dengan disbudpar, seminar-seminar pariwisata, serta pertemuan-pertemuan lintas sektoral, baik dilokasi Desa Wisata, maupun di Pemda Kabupaten Bogor. Hingga pada akhirnya dari sekian banyak Desa yang terdapat di Kabupaten Bogor yang mengajukan program Desa Wisata, Desa Ciasihan Kecamatan Pamijahan inilah yang mendapatkan dukungan dan masuk pada program Desa Wisata Tingkat Kabupaten Bogor untuk tahun anggaran 2013.

“Desa wisata waskita hayat ini adalah perjuangannya untuk mengangkat khususnya masyarakat Ciasihan serta desa-desa disekitarnya, mengenai keindahan alamnya, kultur dan budayanya sehingga benar-benar dikenal oleh masyarakat Bogor khususnya, serta masyarakat Indonesia secara luas, bahkan ke manca negara umumnya karena tidak sedikit turist asing pun datang ke Ciasihan,” terang Kosasih, saat ditemui kabarpublik, Jumat (01/02) di kantor Waskita Hayat yang beralamat di Desa Ciasihan.

Harapan Kosasih, dengan adanya Desa Wisata Waskita Hayat terjadi sebuah harmonisasi antara masyarakat pedesaan dengan alam disekitarnya yang dipadukan menjadi sesuatu yang syarat dengan keindahan, budaya, norma hidup manusia dan alam disekitarnya. | den’s

Readers Comments (0)


Comments are closed.

Click here to add Widgets