Filed Under:  Nasional

Quick Count Pilgubsu, Incumbent Kembali Ungguli Pasangan Lain

7th March 2013   ·   0 Comments

Medan | KabarPublik.com – Pasangan incumbent Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Gatot Pujo Nugroho dan Tengku Erry Nuradi yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hanura, Partai Patriot dan beberapa partai lain, yang sempat ketinggalan, kini menyusul dan unggul sementara dalam hitung cepat yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Pasangan Gatot dan Tengku, selama masa kampanye Pemilukada sohor dengan sebutan Ganteng.

Dari total suara 51,71 persen suara yang sudah masuk, pasangan  dengan motto Untuk Sumatera Yang Lebih Baik, itu memperoleh 30,48 persen suara. Sedangkan pemunguta suara dilakukan seentak se-Sumut, Kamis (7/3).

Sementara calon pasangan gubernur/wakil gubernur nomor urut 2, Effendy Simbolon dan Djumiran Abdi, yang diusung PDI-Perjuangan, PPRN, dan Partai Damai Sejahtera (PDS), yang sempat memimpin, tergerser ke urutan kedua dengan perolehan suara 29,96 persen. Effendy adalah pengurus pusat Partai PDI Perjuangan, sedang Djumiran yang kini berusia 62 tahun adalah tokoh Sumut yang pernah memegang sejumlah jabatan penting. Seperti Ketua Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) Kota Medan dan anggota KPUD.

Pasangan Effendy Simbolon dan Djumiran Abdi, ditempel ketat pasangan nomor urut 1, Gus Irawan Pasaribu dan Soekirman, dengan perolehan suara 19,58 persen.  Gus Irawan Pasaribu dan Soekirman didukung Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Bintang Reformasi, dan Partai Bulan Bintang dan sejumlah parpol lain. Cagub  Gus Irawan ini adalah mantan Dirut Bank Sumut dan pernah menjadi Ketua KONI provinsi itu.

Urutan keempat pasangan nomor urut 4, Amri Tambunan dan RE. Nainggolan yang memperoleh 12,03 persen. Pasangan ini diusung Partai Demokrat. Sebelumnya Amri menjabat sebagai Bupati Deli Serdang. RE Nainggolan pernah menjabat sebagai Sekda Sumut dan pernah  juga duduk sebagai Bupati Tapanuli Utara.

Peringkat akhir adalah pasangan nomor urut 3, Chairuman Harahap dan Fadly Nurzal yang diusung Partai Golkar, PPP, Partai Buruh, Partai Republika Nusantara, dan Partai Pemuda Indonesia (PPI) dengan perolehan suara sementara 8,05 persen. | vnc-ak

Readers Comments (0)


Comments are closed.

Click here to add Widgets