Filed Under:  Nasional

Berharap Dibuka SBY, Pemprov Aceh Matangkan Persiapan PKA VI

21st July 2013   ·   0 Comments

Banda Aceh (KabarPublik) – Pemerintah Aceh menyatakan sudah mematangkan persiapannya untuk melaksanakan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-VI, yang dipastikan akan berlangsung September mendatang di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh.

Hal itu disampaikan kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh Drs Adami Umar MPd, Sabtu (20/7/2013), saat dihubungi KabarPublik, di Banda Aceh.

Dia mengatakan, untuk suksesnya agenda tetap lima tahunan tingkat Provinsi Aceh tersebut pihaknya terus melakukan persiapan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Menurutnya, berbagai persiapan yang telah dilakukan diantaranya telah diadakan beberapa kali rapat antara Pemerintah Provinsi Aceh dengan pihak Disbupar kabupaten/kota serta dengan bupati/walikota se-Aceh.

“Sebenarnya pengalaman sebelumnya PKA berlangsung bulan Agustus, namun kali ini karena pada bulan Agustus 2013 masyarakat Aceh baru saja merayakan Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah sehingga digeser pelaksanaannya menjadi September 2013,” katanya.

Adami Umar berharap agar PKA ke-6 kali ini diadakan secara sederhana tapi sarat dengan budaya daerah sehingga nilai-nilai budaya daerah sebagai bagian budaya nasional dapat terus dibangkitkan.

“Adapun serangkaian kegiatan yang diadakan selama berlangsung PKA ke-VI tersebut diantaranya pameran budaya, pawai budaya, dialog budaya, permainan rakyat dan pentas seni utusan selururh kabupaten/kota di Aceh,” ujarnya.

Sehubungan dengan akan berlangsungnya PKA ke-VI Adami, menyebutkan, pemerintah Provinsi Aceh nantinya akan mengundang sejumlah tamu baik dari dalam negeri maupun dari sejulah negara sahabat.

“Saya berharap agar melalui PKA ke-VI kiranya agar dapat memantapkan jati diri masyarakat Aceh sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang berbudaya dan bermartabat,” pinta Adami Umar.

Ia juga mengharapkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, nantinya dapat membuka langsung perhelatan budaya lima tahunan tersebut.

“Memang sebelumnya, ada sinyal dari pak Presiden SBY, ketersediaannya untuk membuka PKA VI ini. Namun, kita harapkan benar-benar terpenuhi,” tuturnya mengharapkan. | Muzakir AR

Readers Comments (0)


Comments are closed.

Click here to add Widgets